Jumat, 01 Agustus 2008

Clamwin Flashdisk Anti Virus

Saat ini Flashdisk hampir dimiliki oleh setiap orang, bahkan anda bisa saja memiliki lebih dari satu buah flashdisk, karena harganya saat ini sudah sangat murah, ukurannya pun makin bertambah besar , ukuran untuk sebuah flash disk yang saya temui sampai saat ini adalah sebesar 8 GB !!!! Wow, sangat menakjubkan bagaimana alat sekecil itu dapat menampung data sebesar itu. Tapi seiring banyaknya pengguna Flashdisk, maka makin banyak juga masalah yang beredar mengikuti perkembangannya. Anda pasti sudah sangat hapal salah satunya, yakni Virus!!! Berapa kali anda mengalami masalah ” Aduh, Flashdisk saya terkena virus LAGI, atau, gawat, file di flashdisk saya tiba- tiba hilang!!! Mungkin juga, kok Flashdisk saya tidak terbaca ya?” Anda tau apa yang dapat menyebabkan hal itu terjadi? Ya, Anda benar ! VIRUS !!! Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menangani virus masuk kedalam Flashdisk anda, salah satunya adalah dengan selalu menscan Flashdisk anda dengan anti virus yang telah di update, tapi bagaimana jika suatu saat anda berkunjung ke tempat teman, lalu ingin mengambil datanya dan dia tdak memiliki antivirus? kalau anda masukkan begitu saja Flash anda, mungkin akan terkena virus. Lalu bagaimana solusinya? Clamwin menjawab hal itu. Dengan sebuah tampilan minimalis tapi cukup kuat untuk mendeteksi virus-virus berjenis trojan, worm, dll, yang banyak beredar, antivirus ini ternyata dapat dijalankan melalui Flashdisk anda. Setelah saya mencobanya, antivirus ini dapat mendeteksi virus trojan yang banyak beredar sekarang ini. Untuk proses instalasi dari antivirus ini memang butuh lebih banyak aksi, tapi jangan khawatir, saya akan menjelaskannya sampai tuntas disini . Baiklah, kita mulai.

Langkah pertama : Downloadlah master program antivirus itu disini, untuk file configurasinya(klik kanan, save as) disini dan sekaligus updatenya disini.

Langkah kedua : Install program Clamwin antivirus di komputer anda

Langkah ketiga : Copykan semua file dari folder instalasi clamwin anda (jika anda tidak merubah folder tujuan maka folder instalasi Clamwin anda berada di ( c:\program files\clamwin)) ke dalam Flash disk anda

Langkah keempat : Hapuslah file unins000.exe dan unins000.dat dari flashdisk anda (karena tidak diperlukan)

Langkah kelima : Copylah file

* Microsoft.VC80.CRT.manifest
* msvcm80.dll
* msvcm80.dll
* msvcr80.dll



dari folder bin di folder instalasi pada komputer anda (jika anda tidak merubah tujuan folder, maka akan ditemukan di c:\program files\clamwin\bin\Microsoft.VC80.CRT)

Langkah keenam : copy file konfigurasi anda (clamwin.conf) ke Flashdisk anda, didalam folder Clamwin\bin

Langkah ketujuh : buatlah 3 folder baru pada folder clamwin di flashdisk anda dan beri nama:

log

db

quarantine

sehingga isi dari folder clamwin anda akan seperti ini :

Langkah kedelapan : Copylah file update anda kedalam folder : Clamwin\db pada flashdisk anda

Langkah kesembilan : Masuklah kedalam folder bin pada folder clamwin anda, carilah file clamwin.exe

Langkah kesepuluh : Double klik pada clamwin.exe tersebut, maka antivirus anda akan dijalankan melalui flashdisk anda. Selamat!!! anda telah berhasil menginstall antivirus tersebut kedalam flashdisk anda!!!(Untuk mempermudah, sebaiknya anda membuatkan shortcut pada Flashdisk anda). Saya sangat yakin anda mampu menginstallnya, karena tidak sulit bukan?Selain itu program ini sangat berguna untuk anda, khususnya untuk flashdisk anda !!!! Jika anda menemukan kesulitan, silakan memberi komentar pada kotak komentar yang tersedia, saya akan membantu anda ^_^. plattform : 98/me/2000/2003/XP/Vista/Vista-x64/.

Update lanjut clamwin :

downloadlah update main.cvd disini dan daily.cvd disini, copykan file tersebut kedalam folder clamwin\db pada flashdisk anda. Main.cvd akan diupdate setiap bulan sekali, dan daily.cvd akan diupdate setiap 3 hari sekali. untuk file konfigurasi, anda tidak perlu mengupdatenya.

Tidak ada komentar: